HATI-HATI ....Bisa Jadi Kanker, Perhatikan Gejala yang Seperti Ini pada Anak

Jakarta - Ada beberapa gejala khas yang sering diperlihatkan oleh anak dengan kanker. Jika sudah muncul gejala yang mencurigakan, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter.

Dengan demikian, jika memang anak benar terkena kanker, dokter bisa mendiagnosis lebih dini sehingga pengobatan dan penyembuhan pun bisa lebih optimal.

Nah, seperti apa saja gejala khas tersebut?



Menurut dokter spesialis kanker anak RS Omni Pulomas, dr Anky Tri Rini Kusumaning Edhy, SpA(Onk), atau dr Anky, misalnya pada leukemia atau kanker darah, ada tiga gejala khas yang perlu diketahui orang tua. Gejala tersebut yakni anak tampak pucat, demam berulang yang tak kunjung sembuh, serta muncul perdarahan atau bintik-bintik merah.

"Pucatnya itu yang paling jelas terlihat dari telapak tangan, dibandingkan warnanya dengan telapak tangan orang tua. Lalu biasanya bagian bibir juga bisa dilihat pucatnya. Kondisi seperti ini dicurigai kanker darah, ini bisa menyebar ke hati dan limfa," tutur dr Anky, ditemui pada acara program pelatihan deteksi dini kanker serviks pada tenaga kesehatan yang diadakan oleh Garuda Indonesia dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Yang juga tak boleh luput diperhatikan oleh orang tua adalah adanya tumor padat atau benjolan. Menurut dr Anky, semua benjolan umumnya dianggap sebagai suatu keganasan. Orang tua perlu mencurigai setiap benjolan yang terada di tubuh anak. Benjolan ini biasanya bisa teraba saat orang tua memandikan anak.

"Tapi kan ada benjolan di dalam tubuh yang tidak bisa diketahui secara langsung, misalnya jika adanya di mata, otak atau paru. Makanya orang tua perlu mewaspadai kondisi-kondisi tak biasa pada anak," sambung dr Anky.

Pada kanker otak, biasanya gejala yang muncul adalah sakit kepala, muntah-muntah dan gangguan keseimbangan. Gangguan keseimbangan ini bahkan mengganggu cara berjalan anak.

Untuk kanker kelenjar getah bening atau limfoma, gejala khasnya yakni muncul benjolan di leher yang cepat membesar. Benjolan ini umumnya tidak menimbulkan nyeri. Sementara itu, kanker paru umumnya menimbulkan gejala khas seperti muncul gangguan pernapasan. 

"Kanker ginjal atau hati biasanya ditandai dengan gangguan pada sistem perkemihan. Lalu kanker buah zakar, biasanya dilihat dari adanya benjolan di kelamin anak. Benjolan ini umumnya keras tapi tidak memperlihatkan tanda infeksi seperti tidak nyeri, tidak panas dan tidak merah.," terang dr Anky.

Kanker tulang juga memperlihatkan gejala khas sehingga perlu diwaspadai orang tua. Gejala tersebut yakni tungkai membengkak, seringkali disertai dengan demam berkepanjangan dan nyeri. "Yang penting kalau ada benjolan mencurigakan di tubuh anak, jangan ditekan ya, kalau memang kanker kebiasaan ini bisa mempercepat penyebaran," pesannya.

Semoga bermanfaat ...

sumber : https://health.detik.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Manfaat Tidur dengan Bawang di Kaki

Waspada ... Terlalu Banyak Tidur Bagi Ginjal Anda, Ini Penyebab nya ...

Punya Penyakit Amandel ??? ...Begini Cara Mengobati Penyakit Tanpa Operasi